Langsung ke konten utama

Finite State Machine (FSM) dan Pseudocode


Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membuat FSM sederhana minimal 10 states yang dilengkapi dengan Pseudocode beserta penjelasannya.

FSM :



Pseudocode :



Penjelasan

     Pemain akan memulai permainan awal pada level 1, setelah itu pemain akan pada posisi idle atau diam. Player dapat melompat atau pun berlari, Pemain harus melompat dari satu tempat ke tempat lain untuk menemukan sebuah kotak yang dimana apabila pemain mendapatkannya kotak tersebut akan muncul sebuah pertanyaan mengenai hitung-hitungan. Jika pemain berhasil menjawab pemain akan mendapatkan sebuah kunci yang digunakan untuk membuka sebuah pintu untuk ke level 2. Untuk mendapatkan kotak tersebut pemain harus melewati atau pun membunuh musuh yang akan menghalangnya. Pemain dapat menghindari musuh atau pun menembaknya, jika pemain terkena musuh maka pemain akan kehilangan 1 nyawanya dan apabila nyawa masih ada pemain akan dalam keadaan posisi diam atau idle serta melanjutkan misinya untuk menemukan kotak untuk dapat melanjutkan level. Jika pemain menjawab salah dari pertanyaan tersebut maka nyawa dari pemain akan kehilangan 1 nyawanya. Pemain juga akan kehilangan 1 nyawanya jika pemain gagal melompat sehingga harus terjatuh ke dalam lubang. Jika nyawa pemain masih ada akan berada pada posisi idle atau diam, sedangkan jika nyawa pemain habis maka pemain akan game over dan mengulang level tersebut jika belum memenuhi target untuk membuka level selanjutnya.

Referensi
Artificial Intelligence for Games
Trouble with a switch/case Finite State Machine in C#

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interpolation search

- INTERPOLATION SEARCH -  Proses pencarian interpolasi ( interpolation search ) hampir sama dengan proses pencarian d binary search , dimana pencarian juga dilakukan pada kumpulan data yang sudah urut. Akan tetapi jika pada binary search data dibagi menjadi dua bagian tiap prosesnya. Contoh pencarian dengan metode ini misalnya pencarian nomer telpon pada daftar phonebook . Misalnya nama data yang dicari berawalan huruf R, maka pencariannya tidak akan dilakukan dari awal, namun langsung membuka 2/3 atau 3/4 dari tebal buku.Jadi , data yang dicari relatif terhadap jumlah data. Secara umum jika dirumuskan, posisi kunci pencarian interpolasi relatif ini adalah: – Jika data[posisi] > data yg dicari, high = pos – 1 – Jika data[posisi] < data yg dicari, high = pos + 1 Teknik ini dilakukan pada data yang sudah terurut berdasarkan kunci tertentu yang dilakukan dengan perkiraan letak data. Algoritma interpolation sort 1. Masukan jumlah data 2. i...

Bubble Sort dan Insertion Sort

- Bubble Sort - Bubble sort merupakan metode pengurutan data dengan cara membandingkan masing-masing elemen, kemudian melakukan pertukaran sekiranya perlu, artinya proses pertukaran tidak selamnaya dilakukan, jika tidak perlu maka tidak akan dijalankan. karena itulah metode ini sering dsebut sebagai metode pertukaran (exchange sort). Algoritma Bubble sort 1. input data a 2. Pengecekan mulai dari data a-0 sampai  data ke-a 3. Bandingkan data ke-a dengan data sebelumnya (a-1) 4.Jika lebih kecil maka pindahkan bilangan tersebut dengan bilangan yg ada didepannya, sebelumnya cek satu persatu (a-1,a-2,a-3,....dst) 5.Jika lebih besar maka tidak terjadi pemindahan 6.Ulangi langkah 2 dan 3 sampai sort optimal Flowchart Bubble Sort ============================================================================= - Insertion sort - Insertion Sort merupakan algoritma yang efisien untuk mengurutkan angka yang mempunyai jumlah elemen sedikit. Dimana:- Input : deretan angka sej...