Langsung ke konten utama

- Organisasi dan Arsitektur Komputer -

A. Penjelasan Arsitektur dan Organisasi Komputer


Pengertian dari Arsitektur dan Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.



Arsitektur dan Organisasi Komputer juga memiliki perbedaan yaitu:



Arsitektur Komputer


Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.



Organisasi Komputer


Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.

Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
 
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.


B. Struktur dan Fungsi Komputer


 
- Struktur


Struktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain.
 
Struktur internal komputer memiliki 4 komponen struktur
utama antara lain :
>
Central Processing Unit (CPU): mengontrol operasi
komputer dan membentuk fungsi-fungsi pengolah datanya.
CPU secara sederhana disebut sebagai processor
>
Main memory: menyimpan data
>
I/O: memindahkan data antara komputer dengan lingkungan
luarnya
>
Systems Interconnection: beberapa mekanisme komunikasi
antara CPU, main memory, dan I/O



- Fungsi  

Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.

Fungsi dari Komputer :
Data processing/ pengolahan data, hanya beberapa metode
atau tipe-tipe penting pengolahan data
Data storage/ penyimpanan data, file data disimpan dalam
komputer untuk dapat dicari dan diperbarui nantinya
Data movement/ pemindahan data. Ketika data diterima
dari atau dikirimkan ke peralatan yang terhubung dengan
komputer maka prosesnya disebut dengan I/O dan
peralatan dikenal sbg periferal.
Control/ kontrol, dikerjakan oleh individu yg menyediakan
komputer dengan instruksi-instruksi

 

C. Evolusi Komputer

  Sejarah Perkembangan Komputer Sebelum tahun 1940


Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik mahupun elektronik. Saat ini, komputer dan peranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Komputer ada 4 golongan yaitu: 
1. Peralatan manual
            Adalah peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik
            peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik
            Adalah peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik
            Adalah peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.


Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer, yaitu:



1. Generasi Pertama (1944-1959)

Ciri khasnya : menggunakan tabung hampa udara sebagai penguat sinyal. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal.
Contoh produk: Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. Begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri. Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.

2. Generasi Kedua (1960-1964) 



Ciri khasnya :
  • Mengunakan transistor
  • Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”.
Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.
Fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya:
  • tidak mudah pecah,
  • tidak menyalurkan panas,
  •  komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.

Contoh produk : Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular.
Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

3. Generasi Ketiga (1964-1975)
Ciri khasnya :
Beberapa ratus ribu transitor ini dapat dipadatkan ke dalam kepin gan silikon melalui proses yan g disebut pengamiran skala besar (Large Scale Integration, LSI), untuk menghasilkan litar terkamir atau lebih dikenali dengan sebutan chip.


Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip.
Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory. Dapat digunakan untuk multiprogram.

Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.
4. Generasi Keempat (1975-Sekarang)
Cip masih digunakan untuk pemprosesan dan penyimpanan ingatan. Ia lebih maju melindungi sehingga beratus ribu komponen transitor di dalamnya. Proses pembuatan cip teknologi tinggi ini dipanggil pengamiran skala amat besar (Very Large Scale Integration, VLSI).  
Generasi ini membuat penemuan baru dalam  penciptaan cip silikon, mikropemproses dan piranti storan pemprosesan yang dapat dilakukan dengan lebih pantas, sehingga berjuta bit lebih sesaat. Ia boleh dirangkaikan denga komputer lain membentuk rangkaian komputer. Selain itu dapat membentuk kepada pembangunan internet. Komputer generasi ini melibatkan pembangunan GUIs, tetikus, dan piranti pegang tangan. 
=> Pengamiran skala amat besar. 


  Cirinya:
  • size nya lebih kecil, 
  • penggunaan tenaga elektrik yang lebih minimum,  
  • ia boleh digunakan bersama dengan beberapa bahasa pengaturcaraan, 
  • keupayaan storannya terus meningkat ke 1 juta hingga 50 juta aksara dan pengiraannya dilaksanakan dengan “picoseconds”,  
  • size komputer sekarang adalah 100 kali lebih kkecil daripada size komputer generasi pertama dan satu cip adalah lebih berkuasa daripada ENIAC 
Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame.
Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super. 


5. Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Unit pemprosesan pusat dapat berfungsi sebagai otak manusia. Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai Artificial Intelligence (AI). Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.


  • Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumanhttp://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6917552408741815333#editor/target=post;postID=876372003101017579n akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.
 
 

Referensi 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interpolation search

- INTERPOLATION SEARCH -  Proses pencarian interpolasi ( interpolation search ) hampir sama dengan proses pencarian d binary search , dimana pencarian juga dilakukan pada kumpulan data yang sudah urut. Akan tetapi jika pada binary search data dibagi menjadi dua bagian tiap prosesnya. Contoh pencarian dengan metode ini misalnya pencarian nomer telpon pada daftar phonebook . Misalnya nama data yang dicari berawalan huruf R, maka pencariannya tidak akan dilakukan dari awal, namun langsung membuka 2/3 atau 3/4 dari tebal buku.Jadi , data yang dicari relatif terhadap jumlah data. Secara umum jika dirumuskan, posisi kunci pencarian interpolasi relatif ini adalah: – Jika data[posisi] > data yg dicari, high = pos – 1 – Jika data[posisi] < data yg dicari, high = pos + 1 Teknik ini dilakukan pada data yang sudah terurut berdasarkan kunci tertentu yang dilakukan dengan perkiraan letak data. Algoritma interpolation sort 1. Masukan jumlah data 2. i...

Bubble Sort dan Insertion Sort

- Bubble Sort - Bubble sort merupakan metode pengurutan data dengan cara membandingkan masing-masing elemen, kemudian melakukan pertukaran sekiranya perlu, artinya proses pertukaran tidak selamnaya dilakukan, jika tidak perlu maka tidak akan dijalankan. karena itulah metode ini sering dsebut sebagai metode pertukaran (exchange sort). Algoritma Bubble sort 1. input data a 2. Pengecekan mulai dari data a-0 sampai  data ke-a 3. Bandingkan data ke-a dengan data sebelumnya (a-1) 4.Jika lebih kecil maka pindahkan bilangan tersebut dengan bilangan yg ada didepannya, sebelumnya cek satu persatu (a-1,a-2,a-3,....dst) 5.Jika lebih besar maka tidak terjadi pemindahan 6.Ulangi langkah 2 dan 3 sampai sort optimal Flowchart Bubble Sort ============================================================================= - Insertion sort - Insertion Sort merupakan algoritma yang efisien untuk mengurutkan angka yang mempunyai jumlah elemen sedikit. Dimana:- Input : deretan angka sej...

Finite State Machine (FSM) dan Pseudocode

Assalamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan membuat FSM sederhana minimal 10 states yang dilengkapi dengan Pseudocode beserta penjelasannya. FSM : Pseudocode : using UnityEngine; using System.Collections; public class GameFSM : MonoBehaviour { public enum {LevelAwal, diam, jump, benda, soal, kunci, menembak, menghindar, musuh, nyawa, GameOver, NextLevel} public TurnStates state; public bool gameInProgress = true; void Start () { state = GameFSM.Mulai.Init; StartCoroutine ("TurnFSM"); } private IEnumerator TurnFSM (){ while(gameInProgress){ switch(state){ case TurnStates.LevelAwal: if( Permainan Awal()) {* state = diam:} break; case TurnStates.diam: if(Mulai()) {* state = jump;} break; case TurnStates.Jump: if( Melompat()) {* state = benda;} break; case TurnStates.benda: if( mencari benda()) {* state = soal;} if (menghindar ()) {* state = Musuh;} break; case TurnStates.benda: if( mencari Benda ()) {* state...