Langsung ke konten utama

Tugas 1 Statistika, Data, dan Penyajiannya

TUGAS  1



2. Jelaskan perbedaan populasi dan sampel. Berikan satu contoh populasi dan tiga sampel yang merupakan bagian dari populasi yang kamu sebutkan
  • Populasi merupakan  keseluruhan pengamatan atau objek yang menjadi perhatian.
  • Sampel merupakan bagian dari populasi yang menjadi perhatian.
contoh 
  •  Populasi : Universitas Swasta di Indonesia
  • Sampel : 
  1.     Universitas Muhammadiyah Surakarta
  2.     Universitas Swasta di Jawa Timur
  3.     Universitas Swasta yang berakreditasi A
5.  Carilah informasi di media cetak/elektronik, sajikan dalam bentuk tabel dan cartogram.
Buatlah kesimpulan dari data tersebut dan gunakan untuk mengambil keputusan


Informasi media cetak

Menurut data agregat kependudukan perkecematan  (DAK 2) tahun 2012 jumlah penduduk kabupaten wonosobo mencapai 810.323 jiwa , dari jumlah tersebut kecamatan wonosobo menempati urutan pertama 84.603, urutan ke-2 kecamatan kertek 81.240 jiwa, kecamatan kepil 62.203 jiwa,kecamatan sapuran dan kecamatan mojotengah masing-masing 58.857 dan 58.437 jiwa.
sumber :http://www.ikiwonosobomas.com/2015


  • Tabel
  •  

  • Cartogram




Kesimpulan :
1. Tabel diatas menunjukan 5 kecamatan terpadat di kabupaten wonosobo.
2. Kecamatan Wonosobo merupakan kecamatan dengan jumlah terpadat di Kab. Wonosobo.
3. Kecamatan Mojotengah merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk terendah dari 5 kecamatan diatas.

Keputusan :

Memilih 5 kecamatan tersebut menjadi kecamatan terpadat di kabupaten wonosobo karena memiliki lebih dari 50.000  jiwa dilansir oleh data agregat kependudukan per kecamatan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interpolation search

- INTERPOLATION SEARCH -  Proses pencarian interpolasi ( interpolation search ) hampir sama dengan proses pencarian d binary search , dimana pencarian juga dilakukan pada kumpulan data yang sudah urut. Akan tetapi jika pada binary search data dibagi menjadi dua bagian tiap prosesnya. Contoh pencarian dengan metode ini misalnya pencarian nomer telpon pada daftar phonebook . Misalnya nama data yang dicari berawalan huruf R, maka pencariannya tidak akan dilakukan dari awal, namun langsung membuka 2/3 atau 3/4 dari tebal buku.Jadi , data yang dicari relatif terhadap jumlah data. Secara umum jika dirumuskan, posisi kunci pencarian interpolasi relatif ini adalah: – Jika data[posisi] > data yg dicari, high = pos – 1 – Jika data[posisi] < data yg dicari, high = pos + 1 Teknik ini dilakukan pada data yang sudah terurut berdasarkan kunci tertentu yang dilakukan dengan perkiraan letak data. Algoritma interpolation sort 1. Masukan jumlah data 2. i...

Bubble Sort dan Insertion Sort

- Bubble Sort - Bubble sort merupakan metode pengurutan data dengan cara membandingkan masing-masing elemen, kemudian melakukan pertukaran sekiranya perlu, artinya proses pertukaran tidak selamnaya dilakukan, jika tidak perlu maka tidak akan dijalankan. karena itulah metode ini sering dsebut sebagai metode pertukaran (exchange sort). Algoritma Bubble sort 1. input data a 2. Pengecekan mulai dari data a-0 sampai  data ke-a 3. Bandingkan data ke-a dengan data sebelumnya (a-1) 4.Jika lebih kecil maka pindahkan bilangan tersebut dengan bilangan yg ada didepannya, sebelumnya cek satu persatu (a-1,a-2,a-3,....dst) 5.Jika lebih besar maka tidak terjadi pemindahan 6.Ulangi langkah 2 dan 3 sampai sort optimal Flowchart Bubble Sort ============================================================================= - Insertion sort - Insertion Sort merupakan algoritma yang efisien untuk mengurutkan angka yang mempunyai jumlah elemen sedikit. Dimana:- Input : deretan angka sej...

Finite State Machine (FSM) dan Pseudocode

Assalamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan membuat FSM sederhana minimal 10 states yang dilengkapi dengan Pseudocode beserta penjelasannya. FSM : Pseudocode : using UnityEngine; using System.Collections; public class GameFSM : MonoBehaviour { public enum {LevelAwal, diam, jump, benda, soal, kunci, menembak, menghindar, musuh, nyawa, GameOver, NextLevel} public TurnStates state; public bool gameInProgress = true; void Start () { state = GameFSM.Mulai.Init; StartCoroutine ("TurnFSM"); } private IEnumerator TurnFSM (){ while(gameInProgress){ switch(state){ case TurnStates.LevelAwal: if( Permainan Awal()) {* state = diam:} break; case TurnStates.diam: if(Mulai()) {* state = jump;} break; case TurnStates.Jump: if( Melompat()) {* state = benda;} break; case TurnStates.benda: if( mencari benda()) {* state = soal;} if (menghindar ()) {* state = Musuh;} break; case TurnStates.benda: if( mencari Benda ()) {* state...